Ngabuburit Enaknya Ngapainnya,,,

 

Ramadhan Adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain ditunggu-tunggu karena penuh dengan berkah dan rahmat, bulan Ramadhan juga dinanti-nanti karena banyak sekali jajajan khas yang dengan mudah didapatkan di bulan ini. Tak hanya itu, bulan Ramadhan juga diidentikkan dengan bulan berkumpul di mana teman-teman lama ataupun kerabat jauh akan meluangkan waktu mereka untuk bersama-sama dan berbuka bersama.

Biasanya orang menyebut waktu ”luang” menjelang buka puasa itu sebagai ”ngabuburit”. Ngabuburit dapat dilakukan di mana saja dengan cara yang berbeda-beda pula.
Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan sebelum azan magrib berkumandang. Kalau pas puasa, memang paling enak menghabiskan waktu dengan tidur! Namun, ini enggak produktif, lho. Salah satu yang produktif, misalnya, dengan mengunjungi museum atau melahap buku-buku di perpustakaan.

Berkebun bisa jadi agenda wajib selama bulan Ramadhan. Tanaman apa saja bisa kita pilih, sesuka hati masing-masing. Kita bisa menanam tanaman hias, tanaman obat-obatan, atau tanaman yang berguna sebagai bumbu dapur, seperti kunyit, daun pandan, dan daun jeruk. Tanaman itu selain memperindah halaman rumah, juga secara langsung meningkatkan kadar oksigen di lingkungan. Jadilah lingkungan hidup kita makin sehat. Selain itu, bersepeda juga bisa dijadikan pilihan buat ngabuburit. Bersepeda keliling kompleks perumahan saja bisa membuat kita lebih sehat dan tidak menyebabkan polusi. Coba kalau kita keliling-keliling dengan sepeda motor, pastinya malah menyumbang kadar polusi dan kita jadi gak sehat dong.  Buat mereka yang suka fotografi, bulan Ramadhan bisa dijadikan momen untuk berburu foto yang khas. Misalnya, dari keramaian orang salat tarawih di masjid, sampai ulah dan ekspresi wajah adik-adik kita yang masih kecil saat mereka berpuasa setengah hari. Kalau kita memilih menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa di rumah saja, tetap banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Dari yang biasa banget, seperti membaca buku, nonton film lewat DVD, nonton televisi, sampai yang ”khusus”. Artinya, kegiatan itu disesuaikan dengan minat dan hobi masing-masing.
Misalnya, buat yang suka bermain musik, inilah kesempatan buat lebih mengasah kepiawaian kita dalam bermusik. Kita bisa berlatih sendiri atau main musik bareng teman-teman. Syukur-syukur kalau dari ”sekadar mengisi waktu” itu kemudian bisa menghasilkan lagu baru! Kalau ada yang suka menulis, bisa mengisi waktu dengan membuat novel, cerpen, puisi atau sekadar mengasah perbendaharaan kata kita dengan mengutak-atik teka teki silang. Ini bisa jadi kegiatan yang asyik, lho!
Nah, sebagai kaum muda yang energik, tentulah puasa tak menjadi alasan buat badan kita jadi merasa lemas. Ayo bangun! Inilah saatnya kita mendesain ulang interior kamar kita (atau seluruh rumah, ya…). Misalnya, mengecat ulang dinding kamar, merapikan barang-barang yang berserakan di seantero sudut kamar, atau memindah-mindahkan perabotan agar tercipta suasana ruangan yang lebih segar.
Jadi, benar, kan, bulan Ramadhan bukan saatnya bagi kita beralasan untuk lebih banyak tidur. Sebab, masih banyak, kok, hal-hal positif yang bisa kita kerjakan meski sambil beribadah puasa. Mudah-mudahan bermanfaat,,, Selamat Berpuasa….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s