Antara Merdeka dan Puasa

Kemerdekaan  pada tanggal  17 Agustus 2011 alhamdulilah   tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan.  Tapi mentang-mentang dibulan Agustus ini hari kemerdekanya Indonesia bukan lantas kita tidak melaksanakan puasa dong, sesuai dengan  firman Allah Swt disurat Al-Baqarah ayat 183

” Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa. “(Al-baqarah [2]:183)

Tuh kan sesuai perintah Allah swt dalam Al-baqarah, jadi kita harus teteap melaksanakan puasa walaupun kita harus ikut upacara atau lomba-lomba untuk memperingati kemerdekaan negeri kita tercinta ini.  Kemerdekaan Republik Indonesia yang tahun ini di peringati pada bulan Ramadhan, jadi teringat pada proklamasi yang dikumandangkan oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta bukan kah itu terjadi pada bulan Ramadhan juga, tapi perjuangan mereka tidak pupus dikarenakan bulan Ramadhan mereka tetap memproklamirkan kemerdekaan negeri kita tercinta ini dan Indonesia menjadi merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 itu. Jadi bulan Ramadhan itu telah membawa berkah bagi Negeri kita ini hingga saat ini. Ramadhan itu identik dengan puasa dan ternyata puasa ada manfaatnya juga loh.

Manfaat puasa yaitu :

  1. Menyehatkan badan.
  2. Menguatkan rohani.
  3. Melatih kesabaran, kedisplinan dan kejujuran.
  4. Menjauhi sifat-sifat yang tidak baik.
  5. Membentuk pribadi takwa.

Tidak hanya manfaat, puasa juga mempunyai keistimewaan, bagi orang yang melaksanakannya, ini dia keistimewaan puasa :

  1. 1.      Puasa itu jihad.

Puasa itu jihad seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw yaitu :

 “ berjihadlah dirimu dengan lapar dan haus, sebab pahalanya sama dengan jihad fisabililah. Dan tidak amal yang lebih dicintai Allah kecuali lapar dan haus.”

  1. 2.      Puasa it perisai.

“ puasa itu perisai yang membentengi manusia dari neraka. Dan puasa itu untuk-Ku dan aku sendiri yang akan memberi pahala.”(H.R. Ahmad)

  1. 3.      Puasa itu berkah.

“ sungguh telah datang padamu bulan penuh berkah, Allah mewajibkan atasmu puasa. Saat itu dibuka pintu surga dan ditutup pintu neraka dan dibelenggu setan-setan. Padanya ada satu  malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Maka barang siapa yang tidak berhasil mendapatkan kebaikannya, maka rugilah ia.”(H.R.Ahmad).

  1. 4.      Puasa itu ampunan.

Seperti sabda Rasulullah Saw:

“ Siapa saja yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan kesadaran, maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.”(H.R. Bukhari dan Muslim)

 Mudah-mudahan Ramadhan tahun ini membawa berkah untuk kemajuan Indonesia pada tahun-tahun berikutnya, dan Indonesia tambah maju dan berkembangan, dan mudah-mudahan kita mendapat kemenangan yang hakiki.  Seperti para pejuang kita dahulu dalam merebut tanah air kita ini dari tangan penjajah. Dan mudah-mudahan pada tahun ini dan seterusnya Indonesia dapat lebih berkembang dan maju dalam segala bidang. Amien … MERDEKA…MERDEKA …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s